PRISMA
Vol 6, No 2 (2017): Jurnal PRISMA Volume VI, No 2 tahun 2017

PENGAJARAN REFLEKTIF MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN MATEMATIKA

Hedi Budiman (Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Program Praktek Lapangan (PPL) merupakan sarana untuk menerapkan kemampuan yang sudah diperoleh mahasiswa calon guru secara teoritis di bangku kuliah. Selain kemampuan dalam penguasaan materi, mahasiswa  calon guru juga dituntut dalam kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi yang baik ketika mengajar siswa di kelas. Kegiatan PPL ini merupakan pelatihan untuk menjadi guru profesional, karena di dalamnya terkait sejumlah kemampuan pengajar yang professional. Idealisme yang diharapkan terhadap mahasiswa calon guru ini perlu didampingi dengan pengontrolan pada pelaksanaan dan pengkajian setelah pelaksanaannya.  Salah satu upaya yang dilakukan terhadap proses pengajaran yang sudah dilakukan yaitu dengan observasi dan refleksi. Pengajaran reflektif seorang calon guru atau guru professional, berkaitan dengan kemampuan dan disposisi berpikir reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para mahasiswa calon guru matematika ini pada umumnya sudah menunjukkan kemampuan reflektif dalam hal openmindness (keterbukaan), responsibility (tanggungjawab), wholeheartedness (kesungguhan dalam bertindak) untuk meningkatkan pengajaran di kelas. Kemampuan ini sangat bermanfaat dan perlu ditingkatkan ketika sudah menjadi guru kelas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...