TELKOMNIKA (Telecommunication Computing Electronics and Control)
Vol 4, No 2: August 2006

MEMBANGUN APLIKASI GAME SOKOBAN BERORIENTASI OBJEK PADA PONSEL DENGAN TEKNOLOGI JAVA 2 MICRO EDITION (J2ME)

Wahyu Pujiyono (Universitas Ahmad Dahlan)
Mursid Wahyu Hananto (Universitas Ahmad Dahlan)
Suheri Suheri (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2006

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat, salah satunya adalah dibidang hiburan yaitu game. Hadirnya teknologi Java (J2ME) pada ponsel, menjadikan game tidak lagi hanya dijalankan atau dimainkan pada platform konsol maupun komputer, melainkan juga dapat dijalankan pada perangkat handheld seperti ponsel. Pengembangan game pada ponsel dengan prosessor, memori, layar dan keypad yang terbatas membutuhkan inovasi atau ide-ide kreatif dalam memodifikasi game, sehingga dapat dimainkan di ponsel dengan baik. Salah satunya adalah dengan menerapkan teknik pemrograman berorientasi objek. Permainan (game) yang banyak dimainkan di antaranya adalah yang ber-genre puzzle games. Makalah ini akan memaparkan teknik pengembangan aplikasi game sokoban yang berorientasi objek pada ponsel. 

Copyrights © 2006






Journal Info

Abbrev

TELKOMNIKA

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Submitted papers are evaluated by anonymous referees by single blind peer review for contribution, originality, relevance, and presentation. The Editor shall inform you of the results of the review as soon as possible, hopefully in 10 weeks. Please notice that because of the great number of ...