Kurangnya pemahaman konsep matematika dan proses pembelajaran yang kurang teratur berdampak pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Hasil belajar yang rendah disebabkan oleh proses pembelajaran yang tidak melibatkan siswa secarah aktif di dalam kelas, sehingga dalam penyelesaian masalah ini digunakan strategi pembelajaran pendekatan Metakognitif-Diskursif menggunakan konsep Debet dan Kredit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPK St. Paulus Karuni yang berjumlah 10 orang.  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan setelah akhir siklus dan non tes untuk mengobservasi aktivitas siswa dan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I sampai siklus II berdasarkan hasil observasi dan refleksi peneliti dan observer dijelaskan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari 80% menjadi 100% berdasarkan persentase ketuntasan dan nilai rata-rata meningkat dari 72,9 menjadi 98,1. Hasil ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan Metakognitif-Diskursif menggunakan konsep Debet dan Kredit pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar, Metakognitif-Diskursif, Debet dan Kredit,
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019