Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 1 No. 2 (2019)

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX DI SMP SWASTA RANGGA RAME PADA MATERI STATISTIKA TAHUN AJARAN 2019/2020

Herlina Ikrar Kodu (STKIP Weetebula)
Ahmad Muzaki (Universitas Pendidikan Mandalika, Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal statistika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXA SMP Swasta Rangga Rame dengan jumlah 24 siswa, dan subjek yang mendapat tindakan/treatment lebih lanjut yaitu 6 subjek, keenam subjek ini dipilih berdasarkan Kemampuan Awal Matematika kategori tinggi, kategori sedang dan kategori rendah. Masing-masing kategori dipilih 2 subjek yang akan mewakili 24 siswa tersebut. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif yaitu hasil tes kemampuan berpikir kritis dan hasil wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator berpikir kritis yang telah ditetapkan oleh peneliti yang meliputi klarifikasi, assesmen penarikan kesimpulan, strategi dan taktik. Analisa data yang dilakukan melalui tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil analisis data diperoleh 8,69% siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan kemampuan merinci pokok-pokok permasalahan, menggunakan rumus dengan benar dan tepat dalam menyelesaikan soal dan membuat kesimpulan dari jawabannya. 13,04% siswa termasuk dalam kategori sedang dengan kemampuan merinci pokok-pokok permasalahan, mampu menggunakan rumus dengan tepat dan benar. Sedangkan 78,26% termasuk dalam kategori rendah karena hanya mampu merinci pokok-pokok permasalahan. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siwa masih tergolong rendah. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Statistika

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...