Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Bayu Sugiarti (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo)
Edi Irawan (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran Matematika kelas V Salahudin Al-Ayubi MIN 1 Ponorogo menggunakan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah. Penggunaan model pembelajaran kurang tepat mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa, terbukti saat siswa diberi tes hanya 22,23% siswa yang tuntas KKM. Oleh sebab  itu perlu adanya perubahan model pembelajaran guna meningkatkan pemahaman siswa yaitu dengan penerapkan model pembelajaranProject Based Learning (PjBL) Kelas V Salahudin Al-Ayubi MIN 1 Ponorogo Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari 2 sampai 3 jam pelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran  Project Based Learning (PjBL) mampu meningkatkan pemahaman siswa. pencapaian tes yang di peroleh pada siklus I sebesar 70, 37% siswa mencapai nilai KKM dan meningkat pada siklus II sebesar 92,59% siswa mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V Salahudin Al-Ayubi pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan volume bangun ruang kubus dan balok  MIN 1 Ponorogo.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JFi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Matematika ...