Pada kegiatan pembelajaran Matematika kelas V Salahudin Al-Ayubi MIN 1 Ponorogo menggunakan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah. Penggunaan model pembelajaran kurang tepat mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa, terbukti saat siswa diberi tes hanya 22,23% siswa yang tuntas KKM. Oleh sebab  itu perlu adanya perubahan model pembelajaran guna meningkatkan pemahaman siswa yaitu dengan penerapkan model pembelajaranProject Based Learning (PjBL) Kelas V Salahudin Al-Ayubi MIN 1 Ponorogo Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari 2 sampai 3 jam pelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran  Project Based Learning (PjBL) mampu meningkatkan pemahaman siswa. pencapaian tes yang di peroleh pada siklus I sebesar 70, 37% siswa mencapai nilai KKM dan meningkat pada siklus II sebesar 92,59% siswa mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V Salahudin Al-Ayubi pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan volume bangun ruang kubus dan balok  MIN 1 Ponorogo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020