Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Katolik Kabanjahe T.A 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Katolik Kabanjahe yang berjumlah 35 orang .Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan test, observasi dan angket. Dari penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Siswa mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu persentase kemampuan memahami masalah meningkat 12,5%; kemampuan merencanakan penyelesaian masalah meningkat 55,47%; kemampuan menyelesaikan perencanaan masalah meningkat meningkat 47,86%; dan kemampuan memberikan kesimpulan meningkat 17,86% dengan kriteria peningkatan sedang. 2) Pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif dengan strategi konflik kognitif merupakan suatu pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
Copyrights © 2020