JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Vol 13, No 2 (2020): JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan

PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 BANYUDONO

Nada Hanifah (Unknown)
Agus Efendi (Universitas Sebelas Maret, Surakarta)
AG Tamrin (Universitas Sebelas Maret, Surakarta)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer; (2) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer; (3) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer; (4) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer; (5) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, kompetensi kepribadian guru, kompetensi sosial guru, dan kompetensi profesional guru secara bersama – sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Banyudono. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama, tidak terdapat  pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono. Kedua, tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono. Ketiga, tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono. Keempat, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono. Kelima, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, kompetensi kepribadian guru, kompetensi sosial guru, dan kompetensi profesional guru secara bersama – sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Banyudono.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Engineering Mechanical Engineering

Description

JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan is a scientific publication that intended to facilitate articles and scholarly writings of empirical research in the field of Vocational and Engineering Education. JIPTEK is open for academia, students, researchers, and practitioners who aim to ...