Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2020): September - Desember 2020

Exploratory case study difficulty of junior high school students in resolving problems of the pyramids surface area

Sudirman (Unknown)
Bambang Avip Priatna (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesulitan-kesulitan siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan permasalahan luas permukaan limas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain exploratory case study. Proses eksplorasi pada penelitian ini dilakukan pada partisipan yang berjumlah 13 siswa kelas VIII pada salah satu SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mengadopsi modifikasi analisis data dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, pengodean (coding), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Berdasarkan temuan penelitian, didapat bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa pada saat menyelesaikan soal materi luas permukaan limas yaitu: (1) kesulitan dalam mengidentifikasi masalah yang terdapat pada soal; (2) kesulitan dalam mengoneksikan konsep luas permukaan dengan konsep materi prasyarat; (3) kesulitan dalam menentukan strategi penyelesaian soal tersebut; (4) kesulitan dalam menggunakan operasi yang melibatkan perkalian bilangan pecahan atau bentuk akar; (5) kesulitan dalam menggunakan formula konsep luas permukaan limas. Selain itu hasil temuan ini memberikan implikasi kepada guru untuk dapat mempersiapkan desain bahan ajar atau pembelajaran untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...