Journal of Islamic Economics and Philanthropy
Vol 2, No 04 (2019): November

IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DIRUMAH KERAJINAN KREATIF RIDAKA PEKALONGAN

Arie Rachmat Sunjoto (Unida Gontor)
Lalu Musa Dil Piero (Unida Gontor)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2019

Abstract

Etika Bisnis Islam sangat penting sebagai suatu kebutuhan dalam bisnis, dan cara untuk mengembalikan nilai moralitas dan spiritualitas sekelompok bisnis untuk menjalankan bisnis sesuai dengan etika bisnis yang benar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui etika bisnis dalam Islam, dan menganalisa tentang implementasi etika bisnis Islam di Rumah Kerajinan Kreatif Ridaka Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah prinsip etika bisnis Islam yang mencangkup prinsip ‘ibadah, khalifah, shidq, ‘adl, ta’awun, ihsan. Ridaka Pekalongan telah menerapkan etika bisnis Islam. Terbukti dari visi, misi, serta tujuan Ridaka Pekalongan untuk menjadi sarana bisnis yang bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, sehingga bisa menurunkan tingkat kemiskinan khususnya didaerah Pekalongan dan menjadi sarana bisnis yang bermanfaat bagi ummat. Ridaka Pekalongan harus bisa memperluas jaringan bisnis, sehingga banyak masyarakat yang bisa ikut produktif dan bisa memperbaiki perekonomian daerah sesuai dengan etika bisnis Islam. Ridaka Pekalongan juga harus bisa memperhatikan aspek etika bisnis Islam lain seperti mewajibkan para karyawan untuk berbusana sesuai dengan syari’at Islam agar realisasi etika bisnis Islam di Ridaka Pekalongan dapat berjalan dengan optimal.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIEP

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

This Journal focus and scope on: Islamic Economics Islamic Philanthropy Islamic Business Islamic Finance Islamic Worldview on ...