Journal of Islamic Economics and Philanthropy
Vol 3, No 03 (2020): Agustus

ANALISIS PENERAPAN MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PRODUK (STUDI PADA: SWALAYAN ISMART, PONOROGO)

Muhammad Burhanuddin (UNIDA)
Azidni Rofiqo (UNIDA)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2020

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti membahas Analisis penerapan Marketing Syariah dalam meningkatkan kinerja pemasaran produk di Swalayan Ismart. Tujuannya  untuk mengetahui proses marketing syariah yang berada di Swalayan Ismart. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pengambilan data dengan triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Swalayan Ismart dalam pengelolaan dan manajemennya adalah menjadikan marketing syariah sebagai acuan dan pedoman yang dijalankannya. Hal itu diwujudkan dari seluruh kegiatan yang dijalankan didalamnya dan dari beberapa kegiatan kemasyarakatan yang digalang langsung oleh Swalayan Ismart seperti Jum’at berkah, kajian agama dan santunan anak yatim dan lainnya. Setelah dikaji kesesuaiannya dengan marketing syariah, hasilnya sesuai dengan konsep tersebut yang meliputi bauran marketing dan beberapa strategi marketing yang dicontohkan oleh Rasulullah sesuai dengan karakteristik yang ada dalam marteting syariah yang meliputi 4 unsur utama yaitu, Rabbaniyah, Akhlaqiyah, waqi’iyah, dan Insaniyah.Kata Kunci : Marketing Syariah, Marketing Mix,  Nilai Islam

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIEP

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

This Journal focus and scope on: Islamic Economics Islamic Philanthropy Islamic Business Islamic Finance Islamic Worldview on ...