Kantor Desan Randusari merupakan salah satu instansi pemerintahan di Kabupaten Tegal yang terletak di Desa Randusari Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal yang dalam aktivitas pengolahan arsip surat masih dilakukan secara manual. Ketika admin akan menginput data surat yang masuk dari instansi lain masih dilakukan manual dengan menualis dilockbook yang kurang efisien dan sering terjadinya pengandaan nomer surat serta kehilangan surat-surat dari instansi lain oleh karnanya perlu adanya sebuah sistem informasi yang dapat mempermudah dalam pengolahan data surat serta memberikan kemudahan admin dalam penginputan data surat. Dalam masalah ini perlunya solusi sebuah sistem pengarsipan data untuk memberikan kemudahan dalam pengolahan data. Metodelogi penelitian yang digunakan dalam membangun Sistem Informasi Manajemen Arsip Surat yaitu menggunakan metode waterfall yang megacu pada metode SDLC (System Development Life Cycle), terdiri dari Requirement Definition, System and Software Design, Implementation and Unit Testing, Integration and System Testing. Hasil penelitian yang telah dilakukan menghsilkan sebuah Sistem Manajemen Arsip Surat Pada Kantor Kelurahan Desa Randusari Kecmatan Pagerbarag Kabupaten Tegal adalah sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan efisiensi kerja dan mempermudah pegawai dalam kearsipkan data surat dengan baik serta memudakan dalam pencarian data surat yang masuk atau surat keluar sehingga dapat membantu petugas dalam pengarsipan surat serta pencetakan laporan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020