E-Jurnal Matematika
Vol 7 No 3 (2018)

ANALISIS DATA KUISIONER KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PEMBELAJARAN BEBANTENAN

LUH ARIDA AYU R.P. (Udayana University)
I GEDE SANTI ASTAWA (Udayana University)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2018

Abstract

Kepuasan pengguna sebuah aplikasi dapat diartikan sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang ia rasakan, dibandingkan dengan harapannya. Terdapat dua cara dalam membangun aplikasi pembelajaran bebantenan, yaitu pembelajaran dengan menggunakan konsep peta pikiran, dan pembelajaran tanpa menggunakan konsep peta pikiran. Dalam penelitian ini metode kuisioner dipergunakan untuk mendapatkan data kepuasan pengguna terhadal kedua aplikasi pembelajaran bebantenan yang telah dibangun. Terdapat tiga faktor untuk mengukur kepuasan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu faktor kinerja internal dari aplikasi, faktor dukungan perangkat eksternal yang dibutuhkan aplikasi, dan faktor tampilan umum saat pengguna berinteraksi dengan aplikasi. Selanjutnya ketiga faktor tersebut dijabarkan ke dalam sepuluh pertanyaan yang berhubungan dengan kepuasan pengguna. Dari empat puluh pengguna aplikasi yang digunakan sebagai responden penelitian didapatkan data bahwa aplikasi pembelajaran menggunakan peta pikiran mempunyaipersentase tingkatkepuasan lebih tinggi dibandingkan dengan sistem yang tidak menggunakan metode peta pikiran dalam pemberian materinya.namun secara keseluruhan aplikasi memiliki tingkat kepuasan pengguna yang kuat yaitu sebesar 80,3%

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Mathematics

Description

E-Jurnal Matematika merupakan salah satu jurnal elektronik yang ada di Universitas Udayana, sebagai media komunikasi antar peminat di bidang ilmu matematika dan terapannya, seperti statistika, matematika finansial, pengajaran matematika dan terapan matematika dibidang ilmu lainnya. Jurnal ini lahir ...