Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Vol 20, No 2 (2019): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

ANALISIS KUALITAS PRODUK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK KEDAI ORGANIK KOLONDJONO, CONDONGCATUR, YOGYAKARTA

Ramos Mitrand Gultom (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)
Budiarto Budiarto (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)
Heni Handri Utami (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh faktor kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kedai Organik Kolondjono 2) Menganalisis kesesuaian antara kinerja (performance) Kedai Organik Kolondjono dan kepentingan (importence) konsumen                               3) Menganalisis indikator kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan yang menjadi prioritas utama perbaikan untuk meningkatkan kepuasan konsumen berdasarkan Importence Performance Analysis (IPA) dengan diagram kartesius. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, metode pelaksanaan penelitian menggunakan metode survei dan penentuan responden dengan metode accidental sampling. Macam data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda, dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Kedai Organik Kolondjono 2) Secara keseluruhan kinerja Kedai Organik Kolondjono lebih kecil dari kepentingan konsumen. Artinya, kepentingan konsumen belum semuanya terpenuhi 3) Indikator yang menjadi prioritas utama perbaikan adalah menu yang bervariasi, kesesuaian harga dan kualitas, keterjangkauan harga, keakuratan pelayanan, kecepatan, ketepatan pelayanan, keramahan pelayan dan tingkat kepedulian pelayan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jdse

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...