Desa Wisata Sangurejo merupakan objek wisata yang baru dirintis yang memerlukan strategi pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis rumusan strategi pengembangan Desa Wisata Sangurejo di Kabupaten Sleman berdasarkan analisis IE dan analisis SWOT. 2) Menentukan keputusan strategi yang tepat dalam pengembangan Desa Wisata Sangurejo di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui rumusan strategi pengembangan desa wisata menggunakan Matriks SWOT dan Matriks IE. Untuk mengetahui strategi yang tepat bagi pengembangan desa wisata menggunakan analisis Matriks QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Rumusan strategi pengembangan Desa Wisata Sangurejo dengan menanfaatkan kekuatan dan berkonsentrasi pada peluang adalah strategi pengembangan produk, meningkatkan promosi, dan bekerjasama dengan stakeholder. Desa Wisata Sangurejo yang berada pada posisi tumbuh dan berkembang menggunakan alternatif strategi pengembangan produk dan penetrasi pasar. 2) Keputusan strategi yang tepat bagi pengembangan Desa Wisata Sangurejo adalah strategi penetrasi pasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019