Jurnal Kebidanan Akademi Kebidanan Jember (JKAKJ)
Vol 1, No 1 (2017): MARET

Metode Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Jember Poltekkes Kemenkes Malang Pada Mata Kuliah Mutu Pelayanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan

Dian Aby Restanty (Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Partisipasi aktif mahasiswa melalui metode pembelajaran dapat menentukan hasil belajarnya. Prosespembelajaran pada perkuliahan sebagian besar berbentuk penyampaian searah sehingga hasilbelajarnya tidak maksimal. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mendorong partisipasi aktifmahasiswa adalah metode pembelajaran kooperatif model Two Stay To Stray. Penelitian ini bertujuanuntuk mengidentifikasi pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif model two stay two strayterhadap hasil belajar mahasiswa D III Kebidanan Jember Poltekkes Kemenkes Malang pada MataKuliah Mutu Pelayanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan. Desain penelitian menggunakan PreEksperimental Design dan bentuk desain Intact-Group Comparison. Populasinya adalah mahasiswa DIII Kebidanan Jember semester V tahun akademik 2016/2017 sejumlah 59 mahasiswa, pengambilansampel secara total sampling dengan menetapkan kriteria inklusi dan eksklusi diperoleh sejumlah 56sampel yang kemudian dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Penelitian inimenggunakan alat ukur dokumentasi. Analisis data menggunakan Mann-Whitney U-Test. Berdasarkanhasil penelitian didapatkan P value 0,00 < α (0,05) yang berarti H0 ditolak Hal ini berarti bahwaterdapat pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajarmahasiswa secara signifikan. Peneliti berharap peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitianmodel Two Stay Two Stray dengan menggunakan desain yang berbeda mencakup ranah kognitif,psikomotor dan afektif.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jkakj

Publisher

Subject

Nursing

Description

Jurnal Kebidanan Akademi Kebidanan Jember menerima berbagai artikel/naskah berupa hasil penelitian asli yang relevan, laporan kasus, metaanalisis dengan bidang kebidanan. Jurnal ini hanya menerima naskah asli dan belum pernah dimuat dalam jurnal lain, atau sedang dikirim ke jurnal lain pada waktu ...