Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar SBK  materi Memainkan Asambel Musik  Tradisional Nusantara melalui metode asistensi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Weru tahun pelajaran 2015/ 2016. Penlitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada kelas VIII A sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi,  wawancara, dan observasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Indikator  keberhasilan pelaksanaan PTK ini adalah meningkatnya prestasi belajar SBK siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya persentase ketuntasan siswa minimal 85% dan meningkatnya nilai rata-rata kelas, minimal menjadi 70,00. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa “Metode asistensi dapat meningkatkan prestasi belajar SBK materi Memainkan Asambel Musik  Tradisional Nusantara pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Weru semester I tahun pelajaran 2015/2016”.Kata kunci : prestasi belajar SBK, asistensi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020