jurnal dikdas bantara
Vol 1, No 2 (2018)

Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Jawa Melalui Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII

Tumiyem Tumiyem (SMP Negeri 2 Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Jawa siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII I semester I SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai November 2016 di SMP Negeri 2 Sukoharjo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII I sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan   teknik   dokumentasi, observasi, dan  tes tertulis.  Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir  soal tes, dan dokumen  daftar  nilai. Analisis data  menggunakan  analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan  refleksi. Setiap  siklus terdiri dari  empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar bahasa Jawa siswa, nilai rata-rata prestasi belajar bahasa Jawa siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 68,9, pada siklus I sebesar 73,6 dan pada siklus II sebesar 81,6. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 37,5%, siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Penggunaan jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas VIII I semester I SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/ 2017 ”. Kata kunci:   Prestasi Belajar Bahasa Jawa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw    

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

dikdasbantara

Publisher

Subject

Other

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian di bidang kependidikan baik yang ditulis dalam bahasa ...