jurnal dikdas bantara
Vol 3, No 1 (2020)

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENGUASAAN GERAK DASAR LOMPAT DAN LONCAT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN

sri haryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar Penguasaan Gerak Dasar Lompat dan Loncat melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas V SD SD Negeri 2 Sonoharjo Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sonoharjo Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 15 siswa yang terbagi atas 8 putra dan 7 putri. Sumber data terdiri dua yaitu (1) data primer yaitu, hasil belajar dan proses pembelajaran dan motivasi siswa terhadap atletik khususnya penguasaan gerak dasar lompat dan loncat pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sonoharjo Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 15 siswa, (2) data skunder yaitu, berupa RPP, Silabus dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui tes penguasaan lompat dan loncat dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik prosentase.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar penguasaan gerak dasar lompat dan loncat siswa kelas V SD Negeri 2 Sonoharjo Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019. Kondisi awal proses pembelajaran dengan indikator  kesiapan siswa ,keberanian dan keaktifan siswa sebelum dilakukan PTK sebanyak 5 siswa (33%),pada siklus I menjadi 70% dan pada siklus 2 sebesar 87% (13 siswa). Motivasi tinggi belajar penguasaan gerak dasar lompat dan loncat hanya 5 siswa (33%). Pada siklus I dengan  dua pertemuan peningkatan motivasi menjadi 7 siswa (47%). Pada siklus II dengan dua pertemuan meningkat menjadi 12 siswa (80%).Hasil belajar siswa dari prasiklus 40% menjadi 60 % pada siklus 1 dan pada siklus 2  ketuntasan sebesar 100%. Simpulan penelitian ini sebagai berikut: Melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar penguasaan gerak dasar lompat dan loncat pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sonoharjo Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019. Pembelajaran lebih menarik,motivasi belajar meningkat dan siswa terlibat aktif dalam pembelajaranKata kunci : Pendekatan bermain, Hasil Belajar, Motivasi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dikdasbantara

Publisher

Subject

Other

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian di bidang kependidikan baik yang ditulis dalam bahasa ...