Memasuki era industri 4.0 menjadikan teknologi informasi dan digitalisasi berkembang secara cepat telah memunculkan potensi ekonomi digital yang sangat besar. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 171,17 juta pengguna pada tahun 2019 dan akan terus meningkat setiap tahunnya. Potensi tersebut hendaknya dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, terutama Usaha Kecil dan Menengah (UKM) karena merupakan tonggak perekonomian di Indonesia. Salah satu tantangannya adalah pengimplementasian E-Commerce. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai tingkat adopsi teknologi E-Commerce juga faktor-faktor yang mempengaruhi UKM dalam mengadopsi E-Commerce. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner dengan objek populasi yaitu anggota HIMKI Yogyakarta. Hasil jawaban kuesioner akan diolah dengan statistik deskriptif untuk menemukan profil tingkat adopsi teknologi pada UKM. Tingkat Kesiapterapan Teknologi pada penelitian ini adalah pada level 2 yaitu formulasi konsep dan/ atau aplikasi formulasi. Penelitian ini melibatkan 50 UKM anggota HIMKI yang berpartisipasi, Hasil penelitian ini adalah gambaran persentase tingkat adopsi teknologi E-Commerce pada UKM anggota HIMKI Yogyakarta, didapatkan 10 faktor yang mempengaruhi adopsi E-Commerce. Kata Kunci: E-Commerce, HIMKI, Yogyakarta, Adopsi
Copyrights © 2020