Majalah Ilmiah Pelita Ilmu
Vol 1, No 2 (2018): PELITA ILMU (DESEMBER 2018)

PENDIDIKAN ANTI BULLYING

Adi Santoso (STIA Pembangunan Jember)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

ABSTRAK  Perilaku bullying di lingkungan sekolah dapat menciptakan suasana  lingkungan yang kurang mendukung terhadap perkembangan siswa, baik dalam bidang akademik maupun bidang sosial. Perilaku bullying dapat menyakiti siswa, sehingga mereka merasa tidak diinginkan dan ditolak oleh lingkungannya. Hal ini tentunya akan membawa efek kepada berbagai kegiatan siswa disekolah. Bullying merupakan masalah universal yang menyentuh hamper setiap orang, keluarga, sekolah, bisnis dan masyarakat, demikian pulausia, jenis kelamin, ras, agama atau status sosial ekonomi.  Efek bullyingdapat berlangsung seumur hidup. Bullying berdampak ekonomi yang terkait dengan penurunan produktivitas, kehilangan jam kerja, absensi, agresi tempat kerja, pelecehan dan intimidasi. Bullying merupakan perilaku yang diulang, sistematis dan diarahkan seorang atau sekelompok orang kepada orang lain untuk mengorbankan, menghina, merusak atau mengancam yang menciptakan risiko bagi kesehatan dan keselamatan. Bullying melibatkan ketidak seimbangan kekuasaan yang terjadi tanpa provokasi. Bullying terjadi dalam bentuk kekerasan fisik dan verbal, intimidasi, menyebar rumor, pencurian, perusakan harta milik orang lain, pelecehan seksual, perpeloncoan, orientasi ras, atau etnis  (Sampson,2002). Kata kunci : Pendidikan, Bullying, Sekolah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pelitailmu

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Majalah Ilmiah Pelita Ilmu is a community service journal published regularly 2 times a year which contains six community service articles each published. Pelita Ilmu Journal is expected to be a medium for findings, innovation, and the application of social science in administration supported by ...