Gema Kampus IISIP YAPIS Biak
Vol 11 No 2 (2016): Jurnal Ilmu Administrasi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA JASA KARANTINA PADA KANTOR STASIUN KARANTINA PERTANIAN KELAS I BIAK

Krismiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kantor Karantina Pertanian Klas I Biak dengan tujuan mengetahui Implementasi Pelayanan Publik yang dilakukan oleh Karatina Pertanian dalam meningkatkan kepuasan pengguna jasa karantina. Metode yang digunakan dalam penelitikan ini adalah Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian adalah jenis asiosiatif. Secara lebih mendetail penelitian assiosiatif ini menggunakan bentuk kausal atau melihat pengaruh variabel idenpeden (bebas) terhadap variabel dependen (terikat). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan langkah-langkah seperti yang dikemukakan oleh Burhan Bungin (2003:70), yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi data Dengan jumlah 10 informan. Dimana informan yang terpilih mempunyai kriteria permasalahan yang diteliti menurut Dr. Sugiyono (2009:217). Hasil penelitian menunjukan bahwa,Pelayanan publik wajib diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Pemerintah mempunyai peranan penting untuk menyediakan layanan publik sesuai yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Pasal 1 menyebutkan bahwa “Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang- undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik”.Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diatas dapatlah dikatakan bahwa implementasi pelayanan pada Kantor Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Biak dalam meningkatkan kepuasan pengguna jasa sudah dijalankan cukup baik. hal ini terlihat dari hasil tanggpan responden yang memberikan respon kepada indikator Dimensi Tangible (bukti langsung), Dimensi Reliability (keandalan), Dimensi Responsivenes, Dimensi Assurance (jaminan atau kepastian) dan Dimensi Emphaty (empati).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

gemakampus

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Gema Kampus Online Journal System ini merupakan sistem pengelolaan jurnal secara online di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) YAPIS Biak. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang terdaftar merupakan jurnal yang terbit di bawah naungan kelembagaan IISIP YAPIS ...