Physical Activity Journal (PAJU)
Vol 1 No 2 (2020): Physical Activity Journal (PAJU)

Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan

Rochmat Rahayu (SMP Negeri 4 Lembang)
Toto Subroto (FPOK Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)
Didin Budiman (FPOK Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2020

Abstract

Peer teaching adalah sebuah model pembelajaran yang dapat mengembangkan aspek afektif seperti kerjasama, komunikasi dan mengembangkan rasa percaya diri sehingga Jumlah Waktu Aktif Belajar siswa dapat meningkat. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan Jumlah Waktu Aktif Belajar (JWAB) dalam pembelajaran bolatangan dengan menerapkan medel pembelajaran Peer Teaching. Metode menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di SMA AL-Musyawarah Lembang, dengan sampel 33 orang dan terdiri dari 14 siswa putra dan 19 siswa putri. Hasil penelitian secara umum menunjukan siswa bergerak secara aktif sehingga meningkatkan Jumlah Waktu Aktif Belajar (JWAB) yang ditunjukan dari motivasi tinggi pada saat terlibat dalam pembelajaran permainan bolatangan. Tutor dan siswa dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Kesimpulan penelitian bahwa model peer Teaching dapat gunakan pada pembelajaran bolatangan, karena secara bertahap dapat meningkatkan nilai kerjasama, komunikasi, menyampaikan informasi dan mengembangkan rasa percaya diri sehingga Jumlah Waktu Aktif Belajar (JWAB) sebagai indikator bahwa siswa terlibat secara aktif selama pembelajaran juga meningkat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

paju

Publisher

Subject

Public Health Social Sciences Other

Description

Focus and scope on the Physical Activity Journal (PAJU) includes: 1. Physical education 2. Sports coaching 3. Sports science 4. Sports Medicine 5. Talent Identification 6. Sports psychology 7. Massage and sports injuries 8. Sports tourism (traditional sports) 9. Outdoor Activities 10. Other relevant ...