Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kinerja pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Kabuapaten Sumbawa Barat dan mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat dan unsur-unsur pelayanan yang mempengaruhi perpsepsi pemustaka terhdap kinerja pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Sumbawa Barat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan yang ditetapkan dalam Permen PANRBRI Nomor 14 Tahun 2017 dengan menggunakan 9 (sembilan) variabel unsur. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: Indeks Kepuasan Masyarakat termasuk dalam kategori BAIK dengan indek kepuasan masyarakat yaitu 82,34 dan nilai rata-rata perunsur sebesar 3,29; Unsur yang dirasakan masyarakat masuk dalam kategori sangat baik dalam pelayanan yaitu dalam unsur biaya/tarif, selain itu unsur yang menurut masyarakat harus dipertahankan karena dirasakan sudah baik yaitu unsur persyaratan, kompetensi pelaksana dan perilaku pelaksana, dan beberapa unsur yang sudah baik akan tetapi perlu diperbaiki lagi yaitu unsur waktu pelayanan, produk pelayanan, dan penanganan pengaduan, saran dan masukkan. Selain itu beberapa unsur yang harus diperbaiki oleh yaitu unsur prosedur dan sarana dan prasarana.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019