Jurnal Cahaya Mandalika
Vol. 1 No. 3 (2020)

Pengaruh Strategi Pembelajaran Point Counter Point Terhadap Hasil Belajar

Hadi Gunawan Sakti dan Endah Resnandari Puji Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2020

Abstract

Permasalahan pada Hasil belajar siswa kelas XI MA Bayyinul Ulum Khususnya kelas XI.B pada mata pelajaran PKn masih terbilang rendah, itu terbukti dengan masih banyaknya peserta didik yang belum mencapai standar KKM, nilai tersebut merupakan hasil tes yang diberikan oleh guru kepada peserta didik. Hal tersebut terjadi dikarenakan masih banyaknya guru yang menggunakan metode konvensional dan kurang tepatnya dalam menggunakan strategi pembelajaran sehingga mengakibatkan menurunnya hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point, yaitu dimana dalam proses pembelajaran siswa dituntut dapat mengungkapkan ide/pendapatnya didepan siswa lainnya dan lebih aktif dan kritis dalam memecahkan permasalahan,sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Point Counter Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN di MA Bayyinul Ulum Santong Kabupaten Lombok Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel yang digunakan secara acak sehingga pengambilan sampel ini di sebut random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-tes. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 4,057 dan nilai ttabel pada taraf Signifikansi 5% dengan d.b (N-1) = 26-1 = 25 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (4,057>1,708), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: adanya Pengaruh Strategi Pembelajaran Point Counter Point terhadap Hasil belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran PKn di MA–Bayyinul Ulum Santong Kabupaten Lombok Utara Tahun Ajaran 2019/2020, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other ...