Jurnal Cahaya Mandalika
Vol. 1 No. 3 (2020)

Penerapan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Media Permainan Ular Tangga

Fransiska Blandina Karhe (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan media permaian ular tangga pada peserta didik kelas IV SDI Watujara tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 19 orang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Watujara. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil belajar yang mengalami peningkatan dari persentase ketuntasan klasikal yaitu 54% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other ...