Jurnal Cahaya Mandalika
Vol. 1 No. 3 (2020)

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Mata Pelajaran PKN di SMPN 2 Adiankoting

Haoloan Gultom (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2020

Abstract

Tujuan utama dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) berbasis word square pada materi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia Mata Pelajaran PKn Kelas VIIIC SMPN 2 Adiankoting Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) berbasis word square. Hal tersebut terlihat dari skor rata-rata aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Pada siklus pertama skor rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 63,60% menjadi 74,50% mengalami peningkatan sebesar 10,90%. Demikian juga tentang ketuntasan belajar pada siklus pertama 65% dan pada siklus kedua menjadi 85% mengalami peningkatan sebesar 20%. Sementara untuk respon siswa terhadap pembelajaran adalah dominan siswa setuju bahwa pembelajaran PKn dengan media pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) berbasis word square dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan persentase 95,6%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other ...