Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam
Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, Febru

Meme Dan Vlog Sebagai Medium Dakwah Yang Efektif di Internet

Mochammad Sinung Restendy (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2019

Abstract

Berbagai media massa telah berubah pemaknaannya dalam memberi edukasi murni kepada masyarakat nyata dan juga netizen, arus informasi dan dunia hiburan hanya mengejar target dan kurang memperhatikan moralitas dan kesopanan. Budaya terbentuk dari kebiasaan dan arus komunikasi yang terjadi, dengan perkembangan teknologi membentuk robot robot baru dalam manusia dari sisi penyerapan informasi dan pekembangan teknologi terutama internet sangat mendominasi masyarakat dan jiwa muda bangsa ini. Sehingga penting untuk menjawab dan menelaah dua hal penting yaitu urgensi dan proses dakwah virtual yang mempengaruhi generasi bangsa ini. Penelitian ini memberi warna dan penemuan baru diantaranya era sekarang yang disebut era digital menyimpulkan hampir seluruh manusia tidak bisa lepas dari internet dalam kesehariannya, ini membuktikan adanya revolusi kebudayaan dan peradaban manusia. Kemudian perspektif emic dalam melihat manusia integral bukan hanya dari sisi keseharian di dunia nyata tapi juga dalam alam mayanya atau internet dan bermedia sosial, hingga adanya pemahaman meme dan vlog juga menjadi bukti awal peta kepribadian manusia saat ini, dan menjadi rumusan dakwahnya yang tepat dalam memberi efek dan respon dakwah. Dengan hasil temuan di atas kiranya dapat menambah juga memperkaya khazanah keilmuwan dibidang komunikasidan penyiaran terkait dakwah virtual.Termasuk menjadi masukan bagi kebijakan pemerintah dalam bidang komunikasi penyiaran dan keberagaman budaya

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kopis

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal KOPIS: Kopis journal has several research scopes both empirical and conceptual, including da’wah media, da’wah methods and strategis, audience analysis, da’wah and popular culture, da’wah and political communication, da’wah, community and social impact and da’wah and ...