KARSA: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman (Journal of Social and Islamic Culture)
Vol 24, No 2 (2016): Islam, Culture, and Economics

Budaya Konsumerisme dan Teori Kebocoran di Kalangan Mahasiswa

Rohman, Abdur (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini mengkaji perubahan nilai religius budaya kerapan sapi da-lam perjalanan sejarahnya. Budaya kerapan sapi yang mulanya lebih di-persepsikan sebagai teologi tradisional kemudian mengalami perubahan makna ke arah teologi pasar. Dalam hal ini, perubahan yang terjadi ada-lah dalam aspek significant symbols yang tidak kelihatan (covert) menjadi significant symbols yang kelihatan (overt). Perubahan ini terkait dengan suatu sikap mental orang Madura, yang mulanya kerapan sapi merupa-kan simbol nilai religius-tradisional, seperti kesopanan, rasa hormat, kesederhanaan, dan rekreasi terarah berubah menjadi simbol ekonomi dan prestise yang permisif dan hedonis (berorientasi pasar), serta menjadi ajang untuk meraih citra serta pengakuan terhadap status sosial dan sta-tus ekonomi yang lebih tinggi. Perubahan ini juga berimplikasi pada mo-tivasi orang Madura dalam memiliki dan memelihara sapi kerapan yang semakin bersifat ekonomis dan prestise.Copyright (c) 2016 by KARSA. All right reserved DOI: 10.19105/karsa.v24i2.894  

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

karsa

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

KARSA is a peer-reviewed national journal published by Institut Agama Islam Negeri Madura. It has been nationally accredited SINTA 2 since 2017 by Ministry of Research Technology and Higher Education of Republic Indonesia. It is published twice a year (June and December). It publishes articles of ...