Jumlah populasi penduduk di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya, tidak hanya populasi penduduk yang meningkat tetapi angka kematian pendudukpun mengalami penigkatan tiap tahunnya, baik karena kecelakaan, penyakit, pola hidup tidak sehat, kejahatan, dan lain sebagainya. Dilihat dari hal tersebut perlu adanya kesadaran masyarakat untuk menggunakan jasa asuransi yang dapat menunjang kemungkinan-kemungkianan yang mungkin saja dapat terjadi dimasa yang akan datang. Namun tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya jasa asuransi masih tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan asuransi dianggap bukan kebutuhan utama. Dalam hal ini Manajemen Pemasaran memegang peranan penting, agar perusahaan Asuransi dapat menawarkan jasa asuransinya. Banyak sekali jasa asuransi yang menawarkan berbagai manfaat yang berbeda-beda bagi konsumennya baik dari segi harga, diferensiasi produk, kualitas, loyalitas pelanggan, fasilitas yang ditawarkan, dan lain sebagainya. Perusahaan jasa asuransi tersebut diantaranya Prudential, Bumi Putera, Axa Mandiri, AIA Financial, dan lain sebagainya. Banyaknya perusahaan yang bergerak dibidang jasa asuransi dan masih minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya jasa asuransi, membuat penyusun tertarik untuk melakukan riset mengenai “Analisis Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Asuransi†yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya faktor kelompok referensi yang mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat akan jasa asuransi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019