Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyesuaian diri siswa sebelum dan sesudah diberikan bimbingan sosial serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan bimbingan sosial terhadap penyesuaian diri siswa kelas XI SMK Negeri 2 Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Palu yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang dilakukan sebanyak 2 tahap. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, penyesuaian diri siswa mengalami peningkatan sebesar 84%, sedangkan hasil analisi inferensial menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel atau 7,731 > 1,711, maka Ho yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh signifikan bimbingan sosial terhadap penyesuaian diri siswa ditolak. Kesimpulan yang diperoleh yaitu ada pengaruh signifikan bimbingan sosial terhadap penyesuaian diri siswa kelas XI SMK Negeri 2 Palu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019