Litera
Vol 14, No 2: LITERA OKTOBER 2015

STRUKTUR SEMANTIK SOAL CERITA MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Sumarwati Sumarwati (FKIP Universitas Sebelas Maret)
Budiyono Budiyono (FKIP Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2015

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) tipe struktur semantik soal ceritamatematika kelas rendah di sekolah dasar, dan (2) sumber kesulitan siswa di kawasanpedesaan dalam memahami soal cerita. Sumber data adalah buku teks Matematika untuksiswa kelas rendah. Informan meliputi 821 siswa dan 36 guru di kawasan pedesaanKabupaten Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali, dan Klaten. Pengumpulan data dengananalisis dokumen, wawancara, dan tes memahami soal cerita. Data dianalisis denganteknik deskriptif kuantiatif, induksi analitis, perbandingan konstan, dan analisis tipologis.Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, tipe struktur semantik mencakup empatpenunjuk operasi hitung, yakni: (a) penjumlahan, berupa: penggabungan, penyatuan, danperbandingan; (b) pengurangan, berupa: pemindahan, pemisahan, dan perbandingan; (c)perkalian, berupa: penggandaan, kelipatan, dan penyamaan; dan (d) pembagian, berupa:pengelompokan, penyebaran, dan penyamaan. Kedua, sumber kesulitan siswa, yakni: (a)kata tidak berantonim sebagai penunjuk operasi hitung penjumlahan dan pengurangan,(b) frase lebih tua/besar, lebih muda/banyak, dan (c) kata jumlah.Kata kunci: soal cerita matematika, struktur semantik, operasi hitung matematika

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

litera

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LITERA is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta. LITERA is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the ...