Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil
Vol 1, No 1 (2014)

EVALUASI TINGKAT PELAYANAN FASILITAS SISI UDARA BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

Ludfi Djakfar,M. Ruslin Anwar, Gigih Wahyu Santoso Ardhi Gumilang (Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2014

Abstract

Bandara berperan dalam menunjang, menggerakkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah karena berfungsi sebagai pintu gerbang suatu daerah dan menunjang Indonesia sebagai pintu gerbang menuju negara lain melalui bandara internasional. Untuk evaluasi tingkat pelayanan Bandar Udara Juanda, maka perlu memprediksi jumlah penumpang, pesawat dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tahun 2012-2032. Metode pengambilan data menggunakan data sekunder dari PT. Angkasa Pura I sebagai instansi yang berwenang sebagai pengelolah bandara Juanda Surabaya dan Biro Pusat Statistik Propinsi Jawa Timur sebagai lembaga yang mencatat pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. Dari hasil analis kapasitas maksimum runway Juanda saat ini berdasarkan data pergerakan pesawat per jam dikalikan dengan  jam  operasional efektif dikalikan dengan hari operasional efektif hari atau 350.400 pergerakan pesawat per tahun. Kapasitas taxiway adalah jumlah maksimum operasi pesawat ditampung pada komponen landasan lapangan udara. Perhitungan kapasitas apron Juanda saat ini berdasarkan nilai peak hour 40 pergerakan pesawat setiap jam. Untuk kebutuhan fasilitas sisi udara pada runway dan taxiway belum perlu dilakukan penambahan sedangkan pada apron perlu dilakukan perluasan.   Kata kunci : evaluasi, bandara, sisi udara, kapasitas, runway, taxiway, apron, pesawat, tingkat pelayanan.

Copyrights © 2014