Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi terhadap fenomena selebriti instagram dengan orientasi masa depan hubungan romantis pada remaja akhir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Universitas Islam Sultan Agung yang berusia 18-20 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 2 skala yaitu skala orientasi masa depan hubungan romantis memiliki reliabilitas sebesar 0,755 dan skala persepsi terhadap fenomena selebriti instagram memiliki reliabilitas sebesar 0,793. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian ini diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,061 dengan p= 0,593 (p>0,01). Hal tersebut menunjukkan tidak adanya hubungan signifikan antara persepsi terhadap fenomena selebriti instagram dengan orientasi masa depan hubungan romantis pada remaja akhir.
Copyrights © 2018