Persaingan antar usaha biro perjalanan wisata memberikan dampak pada evaluasi peningkatan kepuasankonsumen pengguna biro perjalanan wisata sebagai upaya untuk mempertahankan dan mengembangkanusaha jasa wisata domestik. MY Permata Wisata merupakan usaha perjalanan wisata yang relative baru,didirikan pada tahun 2013 dan mengkhususkan pada wisata domestik dengan visi untuk lebih mengenalkanwisata Indonesia pada masyarakat luas. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitaspelayanan dan persepsi harga pada kepuasan konsumen MY Permata Travel. Populasi penelitian ini yaitupengguna jasa biro perjalanan MY Permata Travel dengan tujuan wisata domestik meliputi Bali, Dieng, GreenCanyon-Pangadaran, Bromo, Krakatau, Karimun Jawa, Sawarna dan Pulau Pari, dengan jumlah sampelsebanyak 83 responden. Sampel penelitian dengan metode purposive sampling dan untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikanantara kualitas pelayanan dan persepsi harga dengan kepuasaan konsumen, namun walaupun demikiankontribusi kualitas pelayanan dan persepsi harga pada kepuasan konsumen biro perjalanan wisata MYPermata Wisata hanya 43,7%. Saran dari penelitian ini adalah pengelola usaha MY Permata sebaiknya selaintetap menjaga kualitas pelayanan jasa dan persepsi harga untuk mempertahankan kepuasan konsumennyajuga memperhatikan faktor lain yang belum diteliti pada penelitian ini seperti pilihan produk jasa yangditawarkan, citra perusahaan dan lainnya.
Copyrights © 2016