Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMB)
Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis

PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA

Arief Bowo Prayoga Kasmo (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana)
Arif Budi Santoso (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Persaingan antar usaha biro perjalanan wisata memberikan dampak pada evaluasi peningkatan kepuasankonsumen pengguna biro perjalanan wisata sebagai upaya untuk mempertahankan dan mengembangkanusaha jasa wisata domestik. MY Permata Wisata merupakan usaha perjalanan wisata yang relative baru,didirikan pada tahun 2013 dan mengkhususkan pada wisata domestik dengan visi untuk lebih mengenalkanwisata Indonesia pada masyarakat luas. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitaspelayanan dan persepsi harga pada kepuasan konsumen MY Permata Travel. Populasi penelitian ini yaitupengguna jasa biro perjalanan MY Permata Travel dengan tujuan wisata domestik meliputi Bali, Dieng, GreenCanyon-Pangadaran, Bromo, Krakatau, Karimun Jawa, Sawarna dan Pulau Pari, dengan jumlah sampelsebanyak 83 responden. Sampel penelitian dengan metode purposive sampling dan untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikanantara kualitas pelayanan dan persepsi harga dengan kepuasaan konsumen, namun walaupun demikiankontribusi kualitas pelayanan dan persepsi harga pada kepuasan konsumen biro perjalanan wisata MYPermata Wisata hanya 43,7%. Saran dari penelitian ini adalah pengelola usaha MY Permata sebaiknya selaintetap menjaga kualitas pelayanan jasa dan persepsi harga untuk mempertahankan kepuasan konsumennyajuga memperhatikan faktor lain yang belum diteliti pada penelitian ini seperti pilihan produk jasa yangditawarkan, citra perusahaan dan lainnya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jimb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

In order to make Indonesia the center of the worlds Islamic economy, tourism is one of the potential sektors to be developed. The Ministry of Tourism and Creative Economy visited Indonesia as many as 6 million visitors until 2024. Kota Tua area is one of the priority tours that will be made ...