Jurnal Master Pariwisata (JUMPA)
Volume 03, Nomor 02, Januari 2017

PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP INOVASI PRODUK “UTAMA SPICE NATURAL AROMATERAPI”

Nyoman Putri Aras Kembang (Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana)
I Wayan Ardika (Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana)
Made Heny Urmila Dewi (Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini menganalisis produk usaha aromaterapi sebagai salah satu industri kreatif diyakini berkorelasi positif dengan pengembangan pariwisata karena melalui produk usaha aromaterapi rempah-rempah tradisional diperkenalkan kepada wisatawan nusantara dan mancanegara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menerapkan teori persepsi dan teori pariwisata berkelanjutan serta beberapa teori pendukung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis produk, pemanfaatan jenis rempah-rempah pada produk, dan persepsi wisatawan terhadap produk aromaterapi Utama Spice Aromatherapy. Pengumpulan data penelitian ini melalui penyebaran 25 kuesioner yang diisi oleh pelanggan perusahaan tersebut. Analisis data berdasar pada teori persepsi dan teori pariwisata berkelanjutan. Hasil analisis data dipresentasikan secara deskriptif naratif dan juga dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis produk aromaterapi Utama Spice Aromateraphy sangat beragam mulai dari perawatan untuk rambut, wajah, dan tubuh. Persepsi wisatawan terhadap produk aromaterapi Utama Spice Aromateraphy cukup baik dan diminati oleh konsumen dalam hal ini wisatawan karena produk yang berbahan dasar alam yang berkualitas sehingga aman digunakan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jumpa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

The tourism industry is an industry that can absorb many creative economic markets. The purpose of this paper is to evaluate the creative economic activities as added value that support the tourism industry. The creative economy analyzed here is the creative fashion economy, which is one of the ...