Loyalitas konsumen sangat penting artinya bagi pihak manajemen hotel untuk menjaga kepercayaan. Pelanggan yang loyal adalah konsumen yang sangat puas dengan pelayanan yang diberikan, sehingga mempunyai antusiasme untuk memperkenalkannya kepada siapapun yang konsumen kenal. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kepercayaan dan fasilitas terhadap loyalitas pelanggan di Hotel @Hom Semarang. Populasi adalah seluruh konsumen yang menginap di Hotel @Hom Semarang minimal lebih dari 2 (dua) kali, dengan jumlah sampel sebesar 96 responden.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling.. Alat analisis penelitian menggunakan regresi linier berganda dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, memberikan pengertian bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan pada hotel, maka tentu akan semakin menambah tingginya loyalitas pelanggan dalam menggunakan hotel tersebut. Fasilitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, memberikan pengertian bahwa semakin fasilitas yang diberikan pihak hotel lengkap dan berfungsi dengan baik, maka tentu akan menambah loyalitas pelanggan dalam menginap. Hasil pengujian simultan bahwa kepercayaan dan fasilitas secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan menginap tamu, memberikan pengertian bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan pada hotel dan didukung dengan fasilitas yang memadaimaka tentu akan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dalam menginap. Kepercayaan merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan di Hotel @Hom Semarang
Copyrights © 2017