Lembaga Pendidikan Profesi Perhotelan sebagai salah satu sumber tenagakerja terampil, dituntut untuk selalu melakukan inovasi penyesuaian programbelajar dan strategi pembelajaran sehingga menghasilkan peserta didik yangsesuai dengan kebutuhan industri perhotelan. Strategi pembelajaran bidanghousekeeping yang diterapkan di LPP Graha Wisata Semarang adalahmenggunakan strategi geladi karya. Strategi pembelajaran Geladi Karya, disusununtuk mengajarkan pengetahuan dan keterampilan di bidang housekeeping,menyiapkan peserta didik dengan pola pikir dan kesiapan mental untuk menjadiseseorang Integrated Housekeeper. Langkah strategis ini adalah berupapembelajaran melalui pembentukan pola pikir sebagai seorang housekeeper,pengembangan product knowledge, dan pembentukan keterampilan melaluipraktikum secara berulang-ulang. Penerapan strategi Geladi Karya menghasilkanpeserta didik yang memiliki integritas terhadap bidang housekeeping, memilikikemampuan penyesuaian diri di lingkungan industri perhotelan dan mampubersaing di bursa tenaga kerja baik yang sifatnya lokal maupun internasional.Kendala yang dihadapi yaitu masih munculnya anggapan bahwa housekeepingadalah pekerjaan yang tidak menjadi favorit dan tidak bergengsi di industriperhotelan, sehingga minat peserta didik tidak maksimal. Adapun faktor yangmendukung penerapan strategi ini adalah adanya kebebasan bagi Instruktur untukmengembangkan bahan ajar dan strategi pembelajaran, serta kesiapan lembagauntuk menyediakan sarana-prasarana pembelajaran. Geladi Karya perluditindaklanjuti sebagai sebuah strategi pembelajaran yang memberikankesempatan lebih bagi peserta didik untuk menguasai pengetahuan danketerampilan yang terintegrasikan dalam diri seorang housekeeper.Kata kunci : geladi karya, strategi pembelajaran, housekeeping, integratedhousekeeper
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019