Berdasarkan hasil observasi yang saya lakukan menemukan kritik dan saran dari wisatawan, yang diketahui masih terdapat keluhan kualitas pelayanan pramuwisata terhadap hal-hal yang berhubungan dengan loyalitas wisatawan, yaitu citra bangunan Lawang Sewu terhadap masyarakat di nilai kurang menarik lagi dan nilai sejarah dalam bangunan tersebut berkurang setelah dilakukan renovasi terhadap bangunan Lawang Semarang.  Hasil dalam penelitian ini dapat saya simpulkan bahwa ada Pengaruh Kualitas Pelayanan Pramuwisata terhadap loyalitas Wisatawan di Lawang Sewu Semarang. Dari hasil pengujian dalam penelitian ini diketahui bahwa loyalitas wisatawan di Lawang Sewu Semarang di pengaruhi oleh 5 kualitas pelayananan pramuwisata  yaitu : 1. Penampila :n fisik 2. Kehandalan, 3. Daya tanggap, 4. Jaminan, 5. Empaty. Hal ini berdasarkan analisis melalui Uji T (secara Parsial) dan Uji F (Secara simultan) yang menunjukan nilai positif. Dari beberapa kualitas pelayanan pramuwisata yang di simpulkan bahwa variabel bukti fisi paling besar berpengaruh terhadap loyalitas wisatawan dan variabel yang paling rendah pengaruhnya variabel kehandalan.          Kata kunci :  Kualitas Pelayanan Pramuwista, loyalitas wisatawan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014