Kepuasan tamu sangat penting artinya bagi pihak manajemen hotel untuk menjaga kepercayaan. Kepuasan konsumen dapat terwujud apabila fasilitas yang diberikan dan pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan sama, atau setidaknya hampir sama dengan apa yang konsumen harapkan selama menggunakan jasa dari penyedia jasa. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan tamu Patra Jasa Semarang Convention Hotel Populasi adalah seluruh tamu sudah pernah menginap di Patra Jasa Semarang Convention Hotel sebesar 4.753 (rata-rata tamu per bulan 2015), dengan jumlah sampel sebesar 98 responden. Teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu dikhususkan bagi tamu sudah pernah menginap di Patra Jasa Semarang Convention Hotel minimal lebih dari 1 (satu) kali dan responden berumur ≥ 20 tahun. Alat analisis penelitian menggunakan regresi linier berganda dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa fasilitas terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu, memberikan pengertian bahwa semakin fasilitas yang diberikan Patra Jasa Semarang Convention Hotel lengkap dan dapat berfungsi dengan baik, maka akan semakin menambah tingginya kepuasan tamu dalam menginap. Pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu, dapat diartikan bahwa semakin meningkat pelayanan yang diberikan Patra Jasa Semarang Convention Hotel kepada para tamunya, maka akan semakin meningkatkan kepuasan tamu dalam menginap. Hasil pengujian simultan menunjukkan bahwa fasilitas dan pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu tamu, memberikan pengertian bahwa semakin memadai fasilitas yang diberikan, baik kelengkapan dan berfungsinya fasilitas yang diberikan dan juga didukung dengan pelayanan yang baik tentu akan semakin menambah tingginya kepuasan tamu. Pelayanan merupakan variabel yang paling dominan atau variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan tamu.
Copyrights © 2017