Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata
Vol 12, No 1 (2015): GEMAWISATA MEI 2015

KESADARAN MASYARAKAT DALAM MEMELIHARA KOMPLEKS PERCANDIAN DIENG UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA DI WILAYAH WONOSOBO

Pramusinto, Edipeni (Unknown)
Wahono, Sri Mulyani (Unknown)
Hutomo, Rubyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2015

Abstract

Wilayah Wonosobo merupakan daerah wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan sejak zaman penjajahan Belanda hingga sekarang. Salah satu penyebab wisatawan tertarik berwisata ke wilayah ini adalah karena faktor ketersediaan destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan, di antaranya adalah adanya kompleks percandian Dieng yang termasuk dalam destinasi wisata sejarah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana masyarakat memelihara dan menjadikan kompleks percandian menarik, sehingga banyak dikunjungi wisatawan, yang kemudian dapat meningkatkan taraf hidup mereka.            Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif interaktif. Sasaran penelitian adalah dokumen tentang destinasi-destinasi wisata; selain itu juga para praktisi pariwisata di wilayah Wonosobo. Data dikumpulkan melalui survey, pengamatan dan wawancara mendalam. Data yang telah dikumpulkan diinterpretasi untuk ditarik kesimpulan.            Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika tahun 2014 yang lalu tren wisata Dieng lebih cenderung ke Sunrise, di tahun 2015 candi Arjuna Dieng menjadi lebih popular. Faktor utama yang menyebabkan banyaknya wisatawan yang datang mengunjungi destinasi ini adalah karena letak candi Arjuna Dieng yang strategis dan mudah dijangkau. Faktor lain, karena lokasi ini sering dijadikan tempat untuk menyelenggarakan pertunjukan mengenaievent-event budaya dan seni terutama festival budaya Dieng

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JT

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian, ulasan ilmiah dan informasi lainnya di bidang pariwisata dan perhotelan. terbit 3 kali dalam setahun (Januari, Mei dan ...