eDimensi Arsitektur Petra
Vol 2, No 1 (2014)

SEKOLAH DASAR INKLUSI DI MAKASSAR

Honsujaya, Feby Adriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2014

Abstract

Sekolah Dasar Inklusi di Makassar ini merupakan fasilitas pendidikan yang didesain untuk anak-anak usia 6-12 tahun, terutama yang mempunyai keterbatasan fisik (disabilitas). Hal ini dilatarbelakangi kurangnya fasilitas pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak, khususnya yang penyandang disabilitas di kota Makassar. Bangunan ini didesain untuk memfasilitasi 3 spektrum ketunaan yaitu, tunanetra, tunarungu dan tundaksa. Pendekatan Inklusi digunakan sebagai pedoman dalam mendesain sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan yang sesuai bagi pengguna. Sedangkan untuk pendalaman desainnya adalah pendalaman karakter ruang yang diharapkan dapat membantu memperoleh desain ruang kelas yang nyaman dan sesuai untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Copyrights © 2014