Pendidikan kesehatan adalah proses yang menjebatani kesenjangan antara informasi kesehatan dan praktik kesehatan yang memotivasi seseorang untuk memperoleh informasi dan berbuat sesuatu sehingga dapat menjaga dirinya menjadi lebih sehat dengan menghindari kebiasaan yang buruk dan membentuk kebiasaan yang menguntungkan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi sejauh mana efektivitas dari metode demonstrasi dan pemutaran video dalam merubah pengetahuan dan sikap serta perbandingan efektivitas dari dua metode tersebut dalam pendidikan kesehatan. Metodologi yang digunakan adalah dengan melakukan penelusuran literatur dilakukan pada databased elektronik yaitu EBSCO dan Google schoolar dengan kata kunci pendidikan kesehatan (health education), demonstrasi (demonstration), pemutaran video (video playback), dan audiovisual (audiovisual). Literatur review dilakukan terhadap sembilan buah artikel terkait. Didapatkan hasil bahwa penggunaan metode demonstrasi dan pemutaran video mempunyai efektivitas yang baik dalam merubah dan meingkatkan pengetahuan dan sikap peserta didik dalam pendidikan kesehatan, tetapi dari dua metode ini ternyata metode demonstrasi mempunyai tingkat efektivitas yang lebih baik bila dibandingkan dengan menggunakan metode pemutaran video. Dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi merupakan salah satu alteratif metode pendidikan kesehatan yang efektif dalam merubah atau meningkatkan pengetahuan dan sikap peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015