PD. X adalah salah satu perusahaan terbesardi kota Cirebon dalam bidang pembuatan saus dan kecap. Namun seiring semakin ketatnya persaingan yang kompetitif, seperti inovasi-inovasi dari para pesaing. Berpotensi memberi pengaruh yang signifikan terhadap penjualan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk dari PD. X, terutama pada produk sausnya. Dan mengidentifikasi keluhan pelanggan terhadap produk PD. X. Penelitian ini dilakukan dengan survei melalui kuesioner responden, kemudian dilanjutkan dengan analisis data hasil penelitian. Analisis dilakukan dengan menghitung Custumer Satisfaction Index kemudian dilanjutkan dengan integrasi dari metode Importance Perfomance Analysis dan model KANO. Hasil penelitian diperoleh hasil nilai indeks kepuasan pelanggan terhadap produk saus PD. X sebesar 35,25% dan termasuk dalam kategori kurang puas. Dan dalam upaya meningkatkan nilai indeks tersebut diperoleh beberapa atribut yang menjadi prioritas untuk diperbaiki ataupun dipertahankan, seperti cita rasa dari saus, masalah harga dari produk, jaminan, dan kekuatan produk.
Copyrights © 2019