LIBRIA: Library of UIN Ar-Raniry
Vol 9, No 1 (2017): LIBRIA: LIBRARY OF UIN AR-RANIRY

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas

Antasari, Indah Wijaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2017

Abstract

Gerakan literasi sekolah telah diluncurkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan pada tahun 2015. Gerakan ini memiliki tiga (3) tahapan, yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Sebagai sekolah yang baru berdiri empat (4) tahun, MI Muhammadiyah Gandatapa berada pada tahap pertama adalah pembiasaan. Rumusan masalah penelitiannya adalah bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan di MI Gandatapa Sumbang Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program gerakan literasi sekolah di MI Muhammadiyah Gandatapa yang telah diimplementasikan antara lain dengan membacakan buku teks dengan keras, fasilitas yang kaya literasi berupa kolam ikan dan kebun, menciptakan lingkungan yang kaya literasi meski masih minim, keterlibatan masyarakat luas. Pihak sekolah sudah memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan orang tua dalam hal memberikan motivasi belajar pada anak.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

libria

Publisher

Subject

Library & Information Science Social Sciences

Description

This journal specializes in any topics and subjects related to the Librarianship, information and documentation, also it present the subjects and topics related to archives and ...