Info-Teknik
Vol 5, No 1 (2004): INFOTEKNIK VOL. 5 NO. 1 2004

Dampak Kerosin pada Premium Terhadap Emisi Gas CO dan HC Ditinjau dari Sistem Pengapian Kendaraan Bermotor

Abdul Ghofur (PS Teknik Mesin Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
22 May 2016

Abstract

Kendaraan bermotor sampai saat ini merupakan pencemar udara utama. Gas buang kendaraan bermotor yang cukup berbahaya adalah gas buang CO dan HC yang dihasilkan dari pembakaran di ruang bakar mesin. Percobaan dilakukan menggunakan variasi kerosin 0% sampai 5% dan variasi laju putaran mesin  dari 700 Rpm sampai 2500 Rpm. Kendaraan uji yang digunakan adalah kendaraan bermotor  dengan  sistem pengapian platina dan CDI.Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui pengaruh kerosin dalam premium terhadap konsentrasi gas CO dan HC yang dihasilkan dari sistem pengapian yang berbeda. Analisis pengujian emisi gas CO dan HC dari gas buang kendaraan bermotor dilakukan dengan pendekatan secara statistik, melalui program MINITAB  dengan menggunakan metode analisis varians dan regresi.Semakin tinggi kadar kerosin dalam premium akan meningkatkan kadar produksi  emisi gas CO dan HC. Pada laju putaran mesin mulai 1000 Rpm sampai 2500 Rpm, setelah kondisi idle terjadi peningkatan terhadap emisi gas CO dan HC. Kendaraan bermotor sistem pengapian platina dengan sistem 2 langkah menghasilkan  emisi terbesar, yaitu  saat kandungan  kerosin   5% dengan   laju putaran mesin 700 Rpm (idle)  sebesar 2,59% volume untuk gas CO dan 1079 ppm untuk gas HC. Untuk Produksi emisi terendah gas CO dan HC dihasilkan dari kendaraan bermotor sistem pengapian CDI , yaitu  pada kadar kerosin 0% dengan  laju putaran mesin 1000 Rpm sebesar 1.12% volume  untuk gas CO dan 851 ppm untuk gas HC. Kendaraan dengan sistem pengapian CDI menghasilkan emisi gas CO dan HC yang lebih baik dari sistem pengapian platina.

Copyrights © 2004






Journal Info

Abbrev

infoteknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Info – Teknik menerbitkan artikel – artikel karya orisinil dan signifikan pada Bidang Rekayasa ...