Jurnal Titik Imaji
Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Titik Imaji

PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL LINTAS MEDIUM UNTUK BRAND MAKANAN (STUDI KASUS: KUPANA)

Brian Alvin Hananto (Universitas Pelita Harapan)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2020

Abstract

Artikel ini mencoba menjelaskan secara sistematis proses perancangan yang dilakukan dalam perkuliahan Studio Utama 3 pada program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pelita Harapan. Dalam perkuliahan tersebut, mahasiswa diminta untuk membangun identitas visual dari sebuah produk makanan yang dikembangkan oleh mahasiswa-mahasiswa program studi Teknologi Pangan Universitas Pelita Harapan. Dalam proses perancangan ini, mahasiswa menggunakan metode wawancara dan studi literatur sebagai metode pengumpulan data; metode semantic differential dan mindmapping sebagai metode pengolahan data, metode morphological matrix untuk metode eksplorasi visual; dan focus group discussion sebagai metode evaluasi. Hasil perancangan yang dilakukan oleh para mahasiswa mencakup perancangan logo, kemasan, desain media promosi digital, booth, leaflet dan juga merchandise. Berdasarkan hasil yang didapat, penulis melihat bahwa pemahaman perancangan lintas medium desain merupakan sebuah tuntutan dalam perancangan identitas visual dewasa ini. Dengan demikian, penulis berharap artikel ini dapat menjadi sebuah studi kasus dan juga referensi dalam perancangan dan penerapan identitas visual dalam lintas medium

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

titik-imaji

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Titik Imaji merupakan jurnal ilmiah akademik yang diterbitkan oleh Progam Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain dan Teknologi, Universitas Bunda Mulia. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan dan mempelajari keilmuan desain komunikasi visual secara teoritis dan pragmatis dalam konteks ...