AdZikra: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 10 No 1 (2019): Januari-Juni

KONSTRUKSI MAKNA JILBAB SEBAGAI SIMBOL KOMUNIKASI SOSIAL MASYARAKAT URBAN

Syifa Fauziyah (Mahasiswa UIN SMH Banten)
Ilah Holilah (Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN SMH Banten)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2019

Abstract

Kajian mengenai konstruksi makna jilbab masyarakat urban (Studi Hijaber Community Banten ) diawali dengan fenomena jilbab modern yang terjadi belakangan ini, dimana banyak orang yang memulai berhijrah dengan menggunakan jilbab karena fashion. Fashion jilbab menjadi pedoman bagi masyarakat urban dalam mengekspresikan dirinya dalam berbusana muslimah melalui sebuah kelompok atau komunitas. Simbol komunikasi dalam sebuah komunitas yang mewakili masyarakat urban salah satunya aalah hijabers community banten. Komunitas ini menerapkan cara berjilbab modern namun tetap syar'i. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi makna jilbab bagi Hijaber Community Banten dalam Konteks Komunikasi Sosial. Dengan Menggunakan metode Kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis . kesimpulan kajian ini adalah bahwa masyarakat urban hijaber community banten mengkonstruksi makna jilbab bukan hanya sebagai penutup aurat ke seluruh tubuh saja, tetapi jilbab juga sebagai pengontrol diri dari segala tindakan sebagai penyempurna pakaian sebagai bentuk ketaqwaan sebagai fashion dan sebagai lifestyle, jilbab dapat juga berfungsi sebagai simbol dalam komunikasi sosial

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

adzikra

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal AdZikra merupakan jurnal unggulan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jurnal AdZikra menyediakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan analisis reflektif dari para akademisi dan praktisi untuk ...