Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor label syariah, sosialisasi, produk, riba, lingkungan, dan faktor referensi terhadap apresiasi masyarakat muslim terhadap perbankan syariah di Kabupaten Nabire. Subyek penelitian ini adalah masyarakat muslim di Distrik Nabire dan Distrik Nabire Barat. Penelitian ini menggunakan data primer dimana teknik pengumpulan data menggunakan metode angket kepada 397 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dan teknik Slovin dengan cara Purposive Sampling. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan softwere SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Variabel label syariah, sosialisasi, produk, riba, lingkungan berpengaruh secara positif signifikan terhadap apresiasi masyarakat muslim. Sedangkan variabel referensi tidak berpengaruh terhadap apresiasi masyarakat muslim. Variabel Label Syariah, Sosialisasi, Produk, Riba dan Lingkungan dan Referensi secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap apresiasi masyarakat muslim terhadap perbankan syariah sebesar 55,8%, sedangkan sisanya sebesar 44,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Copyrights © 2019