Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas tinggi di SDN 1 ciporang, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi yang berjumlah 197 siswa. Pengumpulan data yang digunakan berupa angket berskala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan minat baca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas tinggi di SDN 1 Ciporang Kabupaten Kuningan. Hasil pengolahan data bahwa minat baca siswa menurut persepsi responden mencapai 43,66% termasuk kategori kriterium sedang dan hasil belajar siswa mencapai 62,95% termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil analsis uji hipotesis diperoleh t hitung (7,734) > sig (0,000) maka koefisien regresi X dan Y yang diuji adalah signifikan. Maka hasil penelitian menunjukan bahwa minat baca memiliki kesinambungan dengan hasil belajar hal tersebut didapat dari hasil presentase hasil belajar siswa bahasa Indonesia siswa kelas tinggi  SDN 1 Ciporang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020