Memahami perkembangan anak merupakan hal penting bagi seorang calon guru. Tujuan penelitian ini mengetahui dampak penggunaan perangkat lunak ATP (Analisis Tugas Perkembangan) terhadap pemahaman dan keterampilan mahasiswa calon guru SD dalam mendeskripsikan profil capaian tugas perkembangan siswa. Metode penelitian ini ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru SD berjumlah 288 orang di sebuah universitas negeri pendidikan terkemuka di Indonesia. Alat pengumpul data menggunakan kuisioner memanfaatkan google form. Analisis data berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan ATP meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa mendeskripsikan profil capaian tingkatan dan aspek perkembangan siswa. Simpulan penelitian menegaskan bahwa ATP memfasilitasi pencapaian tujuan perkuliahan Perkembangan Peserta Didik di SD, sehingga melibatkan ATP direkomendasikan pada mata kuliah sejenis.
Copyrights © 2020